Minggu, 04 Oktober 2009

Sejarah Protokol IPX/SPX

IPX/SPX adalah singkatan dari Internetwork Packet Exchange/Sequenced Packet Exchange. IPX dan SPX adalah protokol jaringan yang digunakan terutama pada jaringan menggunakan Novell NetWare Sistem Operasi IPX dan SPX diturunkan dari Xerox Network Services 'IDP dan SPP protokol, masing-masing. IPX adalah lapisan jaringan protokol (lapisan 3 dari OSI Model) sedangkan SPX adalah lapisan transport protokol (lapisan 4 dari OSI Model). SPX lapisan yang duduk di atas layer IPX dan menyediakan layanan yang berorientasi koneksi antara dua node di dalam jaringan. SPX digunakan terutama oleh klien/server aplikasi. IPX dan SPX keduanya menyediakan layanan koneksi yang serupa dengan TCP/IP protokol IPX memiliki kemiripan dengan IP dan protocol SPX memiliki kemiripan dengan TCP.

IPX/SPX itu terutama dirancang untuk jaringan area lokal(LAN), dan merupakan protokol yang sangat efisien untuk tujuan ini (biasanya melebihi performa dari TCP/IP pada sebuah LAN). TCP/IP bagaimanapun menjadi standar de facto protokol. Hal ini sebagian karena kinerja superior melalui wide area network dan Internet (yang menggunakan TCP / IP secara eksklusif) dan juga karena TCP / IP adalah protokol yang lebih dewasa, yang dirancang secara khusus dengan tujuan ini dalam pikiran. Walaupun protokol asosiasi dengan NetWare, mereka tidak diperlukan untuk komunikasi NetWare (per NetWare 5.x) ataupun hanya digunakan pada jaringan NetWare. NetWare komunikasi membutuhkan NCP pelaksanaan yang dapat menggunakan IPX/SPX, TCP/IP, atau keduanya sebagai transportasi.

Implementasi

Novell sebagian besar bertanggung jawab atas penggunaan IPX sebagai protokol jaringan komputer yang populer karena dominasi mereka dalam perangkat lunak sistem operasi jaringan pasar (dengan Novell Netware) dari akhir 1980-an hingga pertengahan 1990-an.

DOS

Novell NetWare asli klien ini ditulis untuk DOS. Diperlukan versi awal keras-linked stack protokol, di mana eksekusi terpisah akan dibuat oleh administrator jaringan untuk setiap kartu jaringan konfigurasi pada jaringan. File ini akan dimuat pada saat boot dan tetap tinggal dalam memori sampai sistem ditutup. Kemudian implementasi stack memungkinkan jaringan yang akan diambil dan diturunkan secara dinamis menggunakan modul yang sudah ada sebelumnya. Hal ini sangat disederhanakan pemeliharaan klien workstation pada jaringan.

Windows

Karena IPX/SPX prevalensi di LAN pada 1990-an, Microsoft menambahkan dukungan untuk protokol ke dalam Windows stack jaringan, dimulai dengan Windows fof Workgroups dan Windows NT. Microsoft bahkan bernama pelaksanaannya "NWlink", menyiratkan bahwa dimasukkannya lapisan 3/4 transport yang disediakan konektivitas NetWare. Pada kenyataannya, protokol yang didukung sebagai transportasi asli untuk Windows SMB/NetBIOS dan NetWare konektivitas diperlukan instalasi tambahan NCP klien (Microsoft menyediakan klien NetWare dasar dengan Windows 95 dan tetapi kemudian tidak otomatis terinstal, dan pada awalnya penjilidan NetWare hanya didukung mode).

NWLink masih diberikan dengan Windows (sampai dengan dan termasuk Windows 2003) tetapi tidak disertakan dengan atau didukung di Windows Vista. Penggunaannya sangat dianjurkan karena tidak dapat digunakan untuk jaringan Windows kecuali sebagai transportasi untuk NetBIOS yang is deprecated. Untuk sebagian besar, Novell's 32-bit Windows perangkat lunak klien telah dihindari NWLink alternatif yang dikembangkan oleh Novell, meskipun beberapa versi ijin penggunaan Microsoft's IPX/SPX pelaksanaan (dengan peringatan mengenai potensi ketidaksesuaian).

Lainnya

Selama beberapa tahun, Novell NetWare disediakan asli klien untuk OS2. Ini mirip struktur klien untuk DOS. Implementasi telah ditulis untuk berbagai jenis Unix/Linux, baik oleh Novell dan vendor lainnya. Secara khusus, Novell UnixWare didukung IPX/SPX aslinya. Namun, sementara UnixWare dapat bertindak sebagai klien untuk NetWare server dan aplikasi opsional dapat mendukung IPX/SPX sebagai transportasi, UnixWare tidak memberikan kemampuan untuk berbagi file atau printer pada jaringan NetWare tanpa paket perangkat lunak tambahan. Open Enterprise Server Linux tidak mendukung IPX/SPX. Open source freeBSD sistem operasi meliputi IPX/SPX stack, untuk mendukung kedua sebuah sistem berkas NetWare klien, nwfs, serta NetWare server menggunakan Mars.

Legacy (Warisan)

Penggunaan IPX telah menurun dalam beberapa tahun terakhir sebagai kebangkitan Internet telah membuat TCP/IP mana-mana. Novell upaya awal untuk mendukung TCP/IP sebagai protokol klien, yang disebut NetWare/IP, hanya "tunnelled" IPX dalam paket IP, sehingga memungkinkan klien dan server NetWare untuk berkomunikasi melalui murni TCP/IP jaringan. Namun, karena pelaksanaan rumit dan penurunan performa yang signifikan karena biaya overhead tunnelling, Netware/IP diabaikan kecuali sebagai mekanisme untuk rute IPX melalui TCP/IP hanya router dan WAN. NetWare 5.x asli memperkenalkan dukungan untuk NCP melalui TCP/IP, yang sekarang pilihan konfigurasi.

Penerus NetWare, Open Enterprise Server datang dalam dua rasa:

  • OES-NetWare, yang memberikan dukungan untuk warisan IPX/SPX (deprecated).
  • OES-linux, yang hanya mendukung TCP/IP.

Baik Microsoft dan Novell telah menyediakan dukungan (melalui Proxy Server/ISA Server dan BorderManager, masing-masing) untuk IPX/SPX sebagai protokol intranet untuk berkomunikasi melalui firewall. Hal ini memungkinkan sebuah mesin dengan menggunakan perangkat lunak klien untuk mengakses internet tanpa TCP/IP diinstal secara local, mengemulasi software client yang asli TCP/IP stack dan WinSock menyediakan dukungan untuk aplikasi lokal (misalnya web browser), tapi sebenarnya berkomunikasi dengan firewall lebih IPX/SPX. Selain menyederhanakan migrasi untuk warisan IPX LAN, hal ini memberikan ukuran keamanan, seperti penggunaan protokol IPX pada jaringan internal menyediakan penghalang alami terhadap penyusup, firewall harus dipertanyakan. Satu area di mana IPX tetap berguna adalah untuk menghindari VPN yang memaksa semua TCP/IP lalu lintas untuk melintasi VPN, mencegah akses ke sumber daya lokal seperti printer dan berbagi disk.

Internetwork Packet Exchange (IPX) adalah model OSI jaringan lapisan protokol di IPX/SPX protocol stack. Novell's NetWare sistem operasi jaringan. Karena popularitas Netware melalui akhir 1980-an ke pertengahan 1990-an, IPX menjadi populer internetworking protocol. Novell IPX diturunkan dari Xerox Network Services 'IDP protokol.

IPX penggunaan secara umum menurun sebagai ledakan dari internet telah membuat TCP/IP hampir universal. Komputer dan jaringan dapat menjalankan beberapa protokol jaringan, sehingga hampir semua IPX situs akan menjalankan TCP/IP dan juga untuk memungkinkan untuk konektivitas internet. Hal ini juga sekarang mungkin untuk menjalankan produk-produk Novell tanpa IPX, karena mereka telah mendukung kedua IPX dan TCP/IP sejak NetWare mencapai versi 5 pada akhir 1998.

IPX Menangani :

  • Jaringan logis diberikan sebuah 32-bit heksadesimal alamat dalam kisaran 0x1 - 0xFFFFFFFE.
  • Host memiliki 48-bit alamat node yang secara default diatur ke kartu interface jaringan alamat MAC. Alamat node ditambahkan ke alamat jaringan untuk membuat pengenal unik untuk host di jaringan.
  • Nomor jaringan saat ini 00:00:00:00 berarti jaringan.
  • Alamat broadcast adalah FF: FF: FF: FF.

Kemiripan dengan IP

Alamat jaringan IPX secara konseptual identik dengan jaringan bagian dari alamat IP (bagian-bagian dengan netmask bit-bit 1), alamat simpul lalu mempunyai arti yang sama sebagai potongan-potongan alamat IP dengan netmask bit-bit 0. Sebagai alamat node biasanya identik dengan alamat MAC dari adapter jaringan yang address resolution protocol tidak diperlukan.

Untuk routing entri-entri dalam IPX tabel routingmirip dengan tabel routing IP, routing dilakukan oleh alamat jaringan dan untuk setiap alamat jaringan-jaringan node dari router berikutnya ditentukan dengan cara yang sama alamat IP/netmask ditetapkan dalam tabel routing IP.

IPX melalui Ethernet

IPX dapat ditularkan over Ethernet menggunakan salah satu dari 4 jenis enkapsulasi berikut:

  1. 802,3 (raw) digunakan dalam sistem warisan dan melibatkan data IPX dimulai segera setelah header frame 802,3. Paket dimulai dengan Ethernet Alamat Tujuan (6 byte), Sumber Ethernet Address (6 byte), Frame Panjang (2 byte) yang diikuti oleh data IPX. Terakhir selalu dimulai dengan dua 0xFF byte (Checksum lapangan), dan ini dapat digunakan untuk membedakan jenis ini IPX enkapsulasi dari dua jenis.
  2. 802,2 (Novell) terdiri dari 802,3 frame header (tujuan, sumber, panjang) diikuti oleh header LLC (3 byte - 0xE0, 0xE0, 0x03) diikuti oleh data IPX. 0xE0 bidang header LLC berdiri untuk 'Novell' protokol.
  3. 802,2 (SNAP) terdiri dari 802,3 frame header, header LLC (3 byte - 0xAA, 0xAA, 0x03), SNAP header (5 bytes - 0x00, 0x00, 0x00, 0x81, 0x37) dan data IPX0xAA bidang header LLC berdiri untuk 'SNAP' protocol. Tiga byte pertama dari SNAP header yang OUI diikuti oleh 2 byte IPX Ether Type.
  4. Ethernet II terdiri dari header frame Ethernet II (Tujuan, Sumber, EtherType) diikuti oleh data IPX.
 
belajar nyok' -
Copyright © 2009 - 2010 Template by ipankmilanisty | All rights reserved